Cara Setting Posisi Center Motor Servo

Motor servo standart memiliki rasio putaran sebesar 180, untuk beberapa keperluan tertentu, seperti pengaplikasina pada arm sebuah robot atu aplikasi lainnya. kita memerlukan posisi servo berada di tengah atau berada pada posisi 90%. hal ini tidak bisa serta merta kita putar secara paksa, harus bener-benar dilakukan prosedur dengan memberikan masukan sinyal pada servo supaya dapat melakukan penentuan posisi dengan sendirinxa.
Motor Servo



Putaran Motor Servo

Pada tips kali ini, akan dijelaskan cara memposisikan motor servo pada posisi tengah 90% yaitu dengan cara menggunkanan radio transmitter RC, dalm hal ini mennggunkan radio transmitter merk turnigy 9xr. dengan di bantu dengan komponen pendukung lainnya.

peralatan yang digunakan :
  • radio transmitter turnigy 9xr (info klik disini)
  • receiver turnigy v8fr2 (info klik disini)
  • battery lipo 2200mah/ 3 S (info klik disini)
  • UBEC regulator (info klik disini)
  • motor servo (info klik disini)
cara setting :
  1. Pastikan kita tau alokasi channel yang ada pada radio transmitter, dalam hal ini kita menggunakan channel yang untuk defaukt channelxa harus berada pada posisi tengah. misal pada setting pesawa, hal ini dapat di temui untuk setting aileron, rudder, atau elevator. setting bisa berupa seperti gambar berikut.
    Alokasi Channel
  2. Setelah kita mengetahui alokasi port yang ada pada radio transmitter, selanjutnya kita rangkai baterai, UBEC, receiver, dan servo. connector servo di pasang pada channel yang telah di tentukan. misal dalam hal ini, akan di gunakan channel 2 (aileron).

  3. Setelah semua terpasang dan benar. hidupka radio transmitter, kemudian hidupkan rangkaian servo. makan secara otomatis servo akan memposisikan pada posisi tengah / netral / 90%. anda bisa mengetes putaran servo dengan menggerakkan tuas channel 2 yang  terdapat pada radio transmitter.
  4. selamat mencoba, dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar: